Bagaimana Cara Burung Mengetahui Rute Migrasinya?

cara burung (klas aves) melakukan migrasi
burung bermigrasi dari suatu tempet ke tempat lain
Burung adalah hewan unggas yang berasal dari klas Aves, burung merupakan hewan terbang  yang dalam melakukan aktivitas lebih banyak beterbangan dari pada di daratan. Pernahkah kita perhatikan burung disekeliling kita? Lihatlah saat burung melakukan migrasi dari suatu tempat ke tempat lain mereka sebenarnya bisa menentukan rute perjalanan mereka. bagaimana caranya burung melakukan itu?

Beberapa spesies dari burung melakukan itu, mereka bermigrasi dari suatu wilaayah ke wilayah lain. Jarak burung melakukan migrasi pun berbeda-beda, ada yang dekat hingga sangat jauh sekali. Ironisnya, meskipun mereka melakukan perjalanan yang sangat jauh, mereka tidak pernah tersesat, seolah-olah mereka mengetahui jalan pulang setelah bepergian jauh.

Hewan unggas ini dapat melakukan hal tersebut lantaran burung dapat memanfaatkan medan magnetic pada bumi, sehingga mereka mampu tetap terbang pada rute yang sesuai meskipun bermigrasi sangat jauh sekalipun.

Berdasarkan penelitian, burung dapat memanfaatkan medan magnetic pada bumi dikarenakaan mereka mempunyai kemampuan untuk melihat garis magnetic yang terdapat pada bumi saat mereka terbang. Burung melihat garis itu sebagai sebuah pola yang berwarna atau garis cahaya yang Nampak pada daerah atau tempat yang akan dituju.

Posted by Wasiwa
Wasiwa Updated at: January 12, 2015