25 Daftar Hewan Hidup dengan Kamuflase Unik

Kamuflase adalah suatu metode yang memungkinkan sebuah organisme atau benda yang biasanya mudah terlihat menjadi tersamar atau sulit dibedakan dari lingkungan sekitarnya.[1] Contoh-contohnya organism yang mampu melakukan kamuflase dapat dilihat dibawah ini.

1. Tokek Ekor Daun
Kamuflase Tokek Daun
Kamuflase Tokek Daun
Tokek Ekor Daun sering juga disebut tokek ekor setan. Tokek Ekor Daun ini berasal dari Madagaskar. Tokek ini kamuflase dengan menggunakan ekornya untuk meniru daun atau kamuflase sebagai bentuk pertahanan diri dari pemangsa dan mempermudahnya mencari mangsa.

2. Kupu-Kupu Daun Mati
Kamuflase Kupu-Kupu Daun Mati
Kamuflase Kupu-Kupu Daun Mati
Keahlian dari kupu-kupu ini adalah mampu kamuflase dengan menghindari pemangsa dengan meniru daun yang mati. Kupu-kupu daun terlihat sangat pintar menyerupai daun. mereka terbang datang dalam segala macam warna dan bentuk. Tetapi ketika sayap mereka melipat mereka terlihat seperti daun mati. Mereka dapat ditemukan di hutan, daerah subur seperti New Guinea, Asia selatan, Madagaskar , India dan daerah lainnya.

3. Belalang Sembah
Kamuflase Belalang Sembah
Kamuflase Belalang Sembah
Belalang sembah mempunyai kamuflase yang sangat unik. Bukan hanya untuk mengecoh pemangsanya, tetapi ia juga sangat cerdik menipu calon mangsanya. Selain bentuk tubuhnya yang bisa menyerupai daun atau ranting, gerakan tubuhnya pun mengikuti gerakan ranting atau daun yang tertiup angin. (Sumber Gambar).[2]

4. Ikan Daun
Kamuflase Ikan Daun
Kamuflase Ikan Daun
Ikan daun berasal dari amazon ini melakukan kamuflase seperti daun yang mati, mulai dari bentuk tubuhnya hingga gerakannya yang perlahan terombang-ambing mengikuti arus di permukaan sungai. Ikan daun ini memangsa ikan-ikan yang lebih kecil dengan cara menarik perhatian mangsa melalui organ di dagunya yang menyerupai cacing. Apabila mangsa telah mendekat maka dengan super cepat (kurang dari seperempat detik) ia memanjangkan mulutnya, menghisap korban dan kembali ke posisi semula.

5. Belalang Daun (Katydid)
Kamuflase Belalang Daun (Katydid)
Kamuflase Belalang Daun (Katydid)
Belalang daun kamuflase dengan kemampuan untuk meniru daun untuk mengecoh pandangan pemangsa. Kadang bentuknya ada yang menyerupai daun hijau, adapula yang berwarna seperti daun mati. (Sumber Gambar).[3]

6. Serangga Daun (Phyllium Giganteum)
Kamuflase Serangga Daun (Phyllium Giganteum)
Kamuflase Serangga Daun (Phyllium Giganteum)
Serangga daun atau Phyllium Giganteum melakukan kamuflase menyerupai daun. Untuk menipu predator,  serangga daun ini berjalan dengan cara membolak-balikkan tubuhnya, bak daun yang tertiup angin. Serangga Daun termasuk keluarga Phylliidae, keluarga serangga ini meniru daun, rumput dan ranting, dan mereka memakan tanaman. Umumnya mereka disebut Phasmids. Diperkirakan, serangga ini sudah ada sekitar lebih dari 40 juta tahun. (Sumber Gambar).[4]

7. Leafy Sea Dragon (Naga Laut Daun)
Kamuflase Leafy Sea Dragon (Naga Laut Daun)
Kamuflase Leafy Sea Dragon (Naga Laut Daun)
Leafy Sea Dragon atau Kuda laut daun melakukan kamuflase dengan bentuk tubuhnya terlihat seperti sekelompok daun  bergelombang atau rumpun rumput laut liar. Sangat mengagumkan dan dapat melindungi dirinya dari serangan predator lain. (Sumber Gambar).[5]

8. Elysia chlorotica (Siput Laut Daun)
Kamuflase Elysia chlorotica (Siput Laut Daun)
Kamuflase Elysia chlorotica (Siput Laut Daun)
Elysia chlorotica melakukan kamuflase menyerupai daun. Elysia chlorotica bertubuh setengah hewan setengah tumbuhan. Satu-satunya makhluk bergerak yang diketahui bisa memproduksi pigment hijau daun (klorofil) yang biasanya menjadi bagian utama pada tumbuhan hijau.  Para ahli biologi menduga Elysia chlorotica berwarna hijau karena ia mencuri gen tanaman dari alga yang jadi menu utama santapannya. Dengan kemampuan memproduksi klorofil, Elysia chlorotica bisa melakukan proses fotosintesis, yang sebelumnya hanya diketahui dilakukan oleh tumbuhan berdaun hijau. (Sumber Gambar).[6]

9. Sotong Laut Dalam/ Cumi-cumi laut dalam
Kamuflase Sotong Laut Dalam/ Cumi-cumi laut dalam
Kamuflase Sotong Laut Dalam/ Cumi-cumi laut dalam
Cumi-cumi laut dalam ini melakukan kamuflase dengan kemampuan yang tidak biasa, yaitu dapat mengubah warna dan tekstur seperti daun/ karang di dasar perairan untuk mempertahankan dirinya secara pasif.

10.  Orchid manthis (Belalang anggrek)
Kamuflase Orchid manthis (Belalang anggrek)
Kamuflase Orchid manthis (Belalang anggrek)
Belalang anggrek Hymenopus coronatus adalah spesies belalang yang memiliki warna tubuh menyerupai bunga anggrek sebagai kamuflase-nya. Dengan kemampuan itulah belalang ini dikenal sebagai orchid manthis / belalang anggrek. (Sumber Gambar).[7]

11. Laba-Laba Lichen
Kamuflase Laba-Laba Lichen
Kamuflase Laba-Laba Lichen
Foto diatas adalah bentuk kamuflase dari laba-Laba lichen di Taman Nasional Erawan Thailand.[8] Kemampuan hewan ini sangat unik sehingga mampu mengelabui pemangsa. Dengan teknik ini pula laba-laba lichen bisa dengan mudah menangkap mangsanya.

12. Euthalia aconthea gurda (Ulat Bulu Daun)
Kamuflase Euthalia aconthea gurda (Ulat Bulu Daun)
Kamuflase Euthalia aconthea gurda (Ulat Bulu Daun)
Bernama latin Euthalia aconthea gurda merupakan jenis ulat yang tinggal di India dan Asia Selatan. Panjangnya kurang lebih 4 mm dengan rambut-rambut yang memenuhi seluruh tubuh dan kakinya. Warnanya cenderung hijau, dan apabila ia beruntung bisa hidup lama, ukurannya bisa mencapai 45 mm. Dalam melakukan kamuflase, warna ulat bulu yang satu ini hijau dan segar, tampak seperti daun apabila ia menempel di tetumbuhan. Untuk itulah ia seringkali selamat dari aneka serangga pemakan ulat dan burung.

13. Merlet Scorpion fish
Kamuflase Merlet Scorpion fish
Kamuflase Merlet Scorpion fish
Scorpion fish ini wujudnya cukup unik dan memiliki banyak tentakel di seluruh tubuhnya. Tentakel tersebut digunakan untuk kamuflase karena bentuknya mirip dengan rumput laut dan warnanya menyerupai tumbuhan laut. Scorpion fish kerap membuka mulutnya untuk menangkap plankton dan ikan-ikan yang ukuran tubuhnya lebih kecil. Dan saat ia menemukan mangsa, ia akan melompat keluar dari persembunyiannya. Jenis ikan ini sebenarnya bermacam-macam ada Lacy Scorpionfish, Weedy Scorpionfish, Merlot Scorpionfish, Lacy Stingfish, Lacy Firefish, Lacy Goblinfish and Lacy Rockfish.

14. Kamuflase Katak
Kamuflase Kamuflase Katak
Kamuflase Kamuflase Katak
Katak jenis tertentu juda dapat melakukan kamuflase dengan lingkungannya. Dengan kemampuan ini katak memperoleh keuntungan sehingga predator seperti ular bisa terkecoh dengan kemiripannya terhadap habitat.

15. Draco volans Linnaeus (Kadal Terbang)
Kamuflase Draco volans Linnaeus (Kadal Terbang)
Kamuflase Draco volans Linnaeus (Kadal Terbang)
Kadal terbang ini dikenal dengan nama ilmiah Draco volans Linnaeus, 1758. Nama lokalnya di antaranya adalah cekibar (Betawi), hap-hap (Sunda), dan celeret gombel atau klarap (Jawa). Dalam bahasa Inggris disebut gliding lizards atau flying dragon. Hewan ini menyebar mulai dari Thailand dan Semenanjung Malaya di barat; Kepulauan Filipina di utara; Sumatra, Mentawai, Riau, Natuna, Borneo, Jawa, Nusa Tenggara, Sulawesi, hingga Maluku di timur. Kadal yang berukuran agak kecil, panjang total hingga 200 mm.

16. Ulat Hemeroplanes triptolemus
Kamuflase Ulat Hemeroplanes triptolemus
Kamuflase Ulat Hemeroplanes triptolemus
Ulat Hemeroplanes triptolemus pada fase larva, atau ketika masih ulat, serangga itu tampak menakutkan. Wujudnya sama sekali tak menyerupai ulat pada umumnya, tetapi kamuflase-nya seperti ular ganas yang melilit dahan pohon. Daniel Janzen, biolog Universitas Pennsylvania, menyuguhkan wujud menakutkan itu dalam fotonya.

17. Reef Stonefish
Kamuflase Reef Stonefish
Kamuflase Reef Stonefish
Reef Stonefish ditemukan di karang berbatu pantai Australia dengan kemampuan kamuflase yang hebat, ikan ini adalah salah satu yang paling berbisa di dunia. Meskipun biasanya tidak mengancam jiwa (belum ada yang meninggal sejak masa awal Australia), sengatan mereka sangat berbahaya dan sangat menyakitkan.

18. Tawny Frogmouth (Podargus Strigoides)
Tawny Frogmouth (Podargus Strigoides)
Tawny Frogmouth (Podargus Strigoides)
Tawny Frogmouth  adalah jenis burung asli Australia. Banyak orang sering keliru mengira ini adalah burung hantu karena memang sangat mirip. Burung ini memburu mangsanya (terutama serangga) pada malam hari. Mereka telah mengembangkan mekanisme pertahanan untuk digunakan di siang hari dalam bentuk kamuflase yang menakjubkan ini.

19. Bark Bugs (Serangga Kulit)
Kamuflase Bark Bugs (Serangga Kulit)
Kamuflase Bark Bugs (Serangga Kulit)
Bark Bugs adalah sejenis serangga di pepohonan. Bagi sebagian besar serangga, burung merupakan ancaman yang besar. Serangga ini banyak terdapat di pepohonan di seluruh  dunia. Agar terlindungi dari serangan burung di pohon, serangga kulit ini seringkali menjadi melakukan kamuflase untuk pertahanan diri sendiri.

20. Leopard
Kamuflase Leopard
Kamuflase Leopard
Leopard atau Macan tutul adalah salah satu dari empat kucing besar. Hewan ini dikenal juga dengan sebutan harimau dahan karena kemampuannya memanjat. Macan tutul berukuran besar, dengan panjang tubuh antara satu sampai dua meter. Spesies ini pada umumnya memiliki bulu berwarna kuning kecoklatan dengan bintik-bintik berwarna hitam. Bintik hitam dikepalanya berukuran lebih kecil. Macan tutul betina serupa, dan berukuran lebih kecil dari jantan.[9]

21. Gaboon Vipers (Ular Gaboon)
Kamuflase Gaboon Vipers (Ular Gaboon)
Kamuflase Gaboon Vipers (Ular Gaboon)
Gaboon Vipers yang merupakan ular paling beracun di dunia. Gaboon Vipers berkamuflase dengan warna dan motif kulit yg unik. Ular besar ini bersembunyi di antara dedaunan mati yang bertebaran di tanah hutan Afrika, terkadang juga di tanah gambut dan menyerang mangsanya.

22. Great Potoo  (Burung Potoo)
Kamuflase Great Potoo  (Burung Potoo)
Kamuflase Great Potoo  (Burung Potoo)
Great Potoo adalah jenis burung yang memiliki ukuran sedikit lebih besar daripada gagak. Warna bulu utamanya adalah abu-abu mudah, cream dan coklat. Hewan satu ini juga pintar menyembunyikan dirinya dari serangan pemangsa atau juga ketika mereka berburu. Kamuflase dilakukan dengan bertengger di dahan pohon yang hampir kering, maka secara otomatis warna bulunya akan menyerupai dahan tersebut.

23. Uroplatus (Spesies Tokek)
Kamuflase Uroplatus (Spesies Tokek)
Kamuflase Uroplatus (Spesies Tokek)
Uroplatus adalah hewan yang termasuk dalam keluarga tokek dengan tubuh yang pipih dan ekor yang cukup lebar. Hewan satu ini merupakan hewan endemik di Madagaskar. Kemampuannya menyamarkan diri pada suatu ranting atau dahan pohon. Sehingga membuat mangsa atau pemangsanya tidak dapat mengidentifikasi keberadaannya.

24. Stone flounder (Kareius bicoloratus)
Kamuflase Stone flounder (Kareius bicoloratus)
Kamuflase Stone flounder (Kareius bicoloratus)
Stone flounder atau Kareius bicoloratus adalah sejenis ikan yang memiliki bentuk tubuh pipih. Kemampuannya menyamar sangatlah baik, karena sangat mirip dan hampir tidak dapat diketahui bahkan oleh manusia. Keunikan lain dari ikan ini yaitu ketika telur flounder menetas, anak ikan ini lahir dengan dua mata biasa-satu pada masing-masing sisi kepalanya. Tetapi ketika ikan tumbuh menjadi dewasa, salah satu mata mulai bergeser ke sisi yang lain. Tak lama kemudian, kedua mata berada pada bagian atas sisi ikan jika terlihat dari dasar laut.

25. Flatfish
Kamuflase Flatfish
Kamuflase Flatfish
Flatfish adalah jenis ikan termasuk dalam kategori ikan yang memiliki tubuh unik. Sesuai dengan namanya, bentuk ikan ini datar, alias flat.  Cara kamuflase dengan perubahan pigmentasi atau warna dalam tubuh ikan flatfish, mirip dengan bunglon. Ikan flatfish ini biasanya memangsa ikan yang lebih kecil. Ikan ini bisa ditemukan di perairan Kanda dan Amerika Serikat. Baca Juga: 20 Hewan Unik Mirip Alien

Referensi

[1] Wiki. 2015. Kamuflase (Online). http://id.wikipedia.org. Diakses Pada Tanggal 10 Februari 2015
[2] Img. 2015. Gambar (Online).  Atjehcyber.net. Diakses Pada Tanggal 10 Februari 2015
[3] Img. 2015. Gambar (Online). Brisbaneinsects.com. Diakses Pada Tanggal 10 Februari 2015
[4] Img. 2015. Gambar (Online). Commons.wikimedia.org. Diakses Pada Tanggal 10 Februari 2015
[5] Img. 2015. Gambar (Online). Duniahewan.info. Diakses Pada Tanggal 10 Februari 2015
[6] Img.2015. Gambar (Online). Bates.edu. Diakses Pada Tanggal 10 Februari 2015
[7] Img. 2015. Gambar (Online). Djoenedz.wordpress.com. Diakses Pada Tanggal 10 Februari 2015
[8] Wow. 2015. Gambar (Online). Wowkeren.com. Diakses Pada Tanggal 10 Februari 2015
[9] Wiki. 2015. Macan Tutul (Online). Id.wikipedia.org. Diakses Pada Tanggal 10 Februari 2015

Posted by Wasiwa
Wasiwa Updated at: February 10, 2015

1 komentar:

  1. Memang tuhan menciptakan makhluknya dengan kelebihan dan kekurangannya gan...

    Kunjungi juga nih website ku

    Obat Radang Sendi | Obat Nyeri Sendi | Obat Sakit Sendi

    ReplyDelete