15 Daftar Batu Akik Paling Popular dan Fenomenal

Batu akik adalah sebuah batu permata yang terdiri dari berbagai motif yang khas dari berbagai daerah tertentu yang digunakan sebagai cincin, bendulan kalung, gelang dan lain sebagainya. Penggemar cincin batu permata saat ini banyak sekali digunakan oleh kalangan orang-orang yang sudah dewasa, tidak hanya kalangan orang tua saja. Namun, banyak remaja-remaja yang sangat gemar mengkoleksi batu akik ini. Saat ini, cincin dengan batu akik telah menjadi tren dan gaya hidupbanyak orang, hal itu menyebabkan harga batu cincin semakin mahal karena semakin banyaknya peminatnya. Berikut ini daftar cincin batu akik yang trend, fenomenal dan popular. 

1. Batu Akik Bacan
1. Batu Akik Bacan
Batu Akik Bacan dari Maluku Utara
Batu bacan adalah jenis batu mulia/akik asal Indonesia dan banyak ditemukan di daerah Halmahera Selatan Maluku Utara tepatnya di pulau bacan. Jenis batu bacan paling populer dan banyak dicari jenis batu bacan doko dan batu bacan palamea. Kedua jenis batu ini memang tengah menjadi incaran, baik bagi penghobi maupun kolektor. Perbedaan batu bacan doko dan palamea terletak pada warnanya. Doko memiliki warna hijau gelap sedangkan jenis palamea berwarna hijau kebiruan. Harga batu bacan sendiri mulai dari ratusan ribu puluhan juta rupiah.[1]

2. Batu Akik Lavender
2. Batu Akik Lavender
Batu Akik Lavender
Batu akik lavender adalah spritus baturaja masuk dalam kategori batu terbaik dan berhasil memenangkan kontes, dalam sebuah kontes nasional yang pernah diadakan beberapa waktu lalu.  Sehingga batu ini menjadi buruan banyak kolektor. Harga batu akik lavender yang berhasil memenagkan kontes ditawar Rp 175 juta namun sang pemilik belum melepasnya.  Sejak saat itu batu akik lavender menjadi incaran banyak kolektor dan masuk dalam jajaran batu terpopuler baik di Indonesia maupun di pasaran internasional.

3. Batu Akik Blue Safir
3. Batu Akik Blue Safir
Dipercaya dapat pancarkan aura positif untuk mengembangkan daya pikir
Batu akik safir adalah batu permata yang untuk menenangkan pikiran dan memancarkan aura positif untuk mengembangkan daya pikir bagi pemakainya. Batu akik safir banyak diminati berbagai kalangan baik di Indonesia maupun di berbagai negara. Namun harganya yang mahal tidak semua orang mampu memiliki jenis batu alam yang indah ini. Safir termasuk mineral yang dikenal sebagai korundum dan secara umum digunakan sebagai permata cincin yang indah atau untuk perhiasan jenis lainnya. Batu akik safir memiliki banyak variasi warna seperti warna biru, jingga, kuning, merah muda, kehijauan dan ungu dan sebagainya.

4. Batu Akik Kalimaya
4. Batu Akik Kalimaya
Batu akik Kalimaya
Batu akik kalimaya adalah jenis batuan mulia yang paling banyak dicari baik oleh penghobi maupun kolektor. Keindahan batu ini sudah tidak diragukan lagi, bahkan mereka yang baru mengenal batu mulia sekalipun akan tertarik dengan pesona batu yang mampu mengeluarkan aneka macam warna tersebut.[2]

5. Batu Akik Giok
5. Batu Akik Giok
Batu Giok banyak ditemui di Negara China
Batu akik giok adalah batu permata yang memiliki warna khas hijau yang banyak dijadikan sebagai perhiasan, seperti mata cincin, kalung, liontin dan lain-lain. Namun sebagian orang masih percaya bahwa batu yang sudah dikenal sejak ribuan tahun sebelum masehi di China itu dipercaya bisa membawa keberuntungan, ketentraman dan kedamaian bagi pemiliknya. Tidak hanya bagi masyarakat China saja, namun seiring berkembangnya zaman batu akik giok telah dipercaya banyak orang.

6. Batu Akik Topaz
6. Batu Akik Topaz
Batu topaz dapat ditemukan diberbagai negara di Dunia
Batu topaz adalah batu permata yang memiliki warna seperti kuning, biru dan jingga agak kemerahan. Jenis batu ini banyak ditemukan di banyak negara seperti Sri Lanka, Rusia, Brazil, Meksiko dan masih banyak lagi negara penghasil batu yang banyak diguakan sebagai perhiasan ini. Batu akik topaz dipercaya menandung energi alam yang bermanfaat bagi pemakainya baik yang berkaitan dengan kesehatan jasmani maupun  rohani seperti menghilangkan depresi, memaksimalkan
daya kerja otak serta dipercaya bisa membawa kedamaian dan lain sebagainya.

7. Batu Akik Sungai Dareh
7. Batu Akik Sungai Dareh
Batu ini berasal dari Sumatera Selatan
Batu akik sungai dareh adalah batu permata yang berasal dari Sumatera Selatan. Batu akik sungai dareh kini tengah menjadi incaran para penghobi maupun kolektor. Popularitas batu akik sungai dareh mulai menanjak sejak Presiden SBY dan Barak Obama diduga mengenakan batu tersebut di jari tangan mereka. Batu sungai dareh memiliki harga berkualitas tentu saja sangat mahal. Untuk kualitas sedang yang banyak dijual di pasaran lokal harganya cukup terjangkau, mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah tergantung kesulitan pembuatan dan keunikannya.

8. Batu Akik Kecubung
8. Batu Akik Kecubung
batu akik kecubung warna ungu kehitaman
Batu akik kecubung adalah batu permata yang memiliki warna khas ungu. Warna ungu inilah yang terdapat yang membuat batu yang biasa disebut Amethyst di pasaran intenternasional itu terlihat mempesona dan elegan. Selain itu, batu akik kecubung juga dipercaya sebagai batu pembawa keberuntungan bagi pemakainya.
9. Batu Akik Pigeon Blood Ruby
9. Batu Akik Pigeon Blood Ruby
Batu Akik Ruby khas dengan warna merah elegan
Batu akik ruby adalah batu permata yang memiliki warna merah yang khas dengan kilauan yang mempesona. Batu akik ruby sering juga disebut batu merah delima. Batu akik ruby memiliki harga yang bervariasi tergantung tingkat keunikan dan kualitasnya. Batu akik ruby dipercaya sebagai simbol kekuatan dan keberanian bagi si pemakainya.

10. Batu Akik Zamrud
10. Batu Akik Zamrud
Telah dikenal sejak ribuan tahun silam
Batu akik zamrud adalah jenis permata yang memiliki warna hijau bening sampai hijau tua dan sudah dikenal banyak orang sejak ribuan tahun. Sebagai permata yang indah, batu akik zamrud dijual dengan harga mahal. Selain itu, batu akik zamrud memiliki kekerasan 7.5 pada skala mohs dan permata ini dianggap sebagai lambang kemakmuran dan kedamaian bagi siapa saja yang memakainya.

11. Batu Akik Star Ruby Tanzania
11. Batu Akik Star Ruby Tanzania
Batu Akik dengan warna khas merah muda
Batu akik Star Ruby Tanzania adalah  batu akik yang berwarna merah muda yang khas dengan beberapa garis ditengahnya. Batu akik Star Ruby Tanzania jauh beda dengan harga diatas, untuk batu cincin yang satu ini dijual dengan harga sekitar 32 jutaan. Harga akan berubah bergantung pada besarnya ukuran atau keunikan lainnya.

12. Batu Akik Super Giant Green Fluorite
11. Batu Akik Star Ruby Tanzania
Warna hijau batu akik ini tampak transparan
Batu akik super giant green fluorite adalah batu permata yang berwarna khas seperti daun muda dengan tingkat transparan yang kecil sehingga Nampak seperti klorofil dalam daun. Tidak jauh beda pula dengan batu akik yang ini, harganya hampir menyerupai diatas sekitar 30 jutaan untuk menikmati keindahan batu hijau yang mempesona dan elegan ini.

13. Batu Akik Sparkling London Blue Topas
13. Batu Akik Sparkling London Blue Topas
Batu akik sparkling london blue
Batu akik sparkling london blue topas adalah batu permata dengan warna biru yang khas. Batu akik yang satu ini harganya lumayan terjangkau bagi konsumen yang sangat menginginkannya cukup mengeluarkan uang sekitar 12 jutaan. Harga tersebut dikalim banyak orang sesuai dengan kwalitas barangnya.

14. Batu Akik Super Green Chalcedony
14. Batu Akik Super Green Chalcedony
Batu akik super green chalcedony
Batu akik super green chalcedony adalah batu permata yang berwarna hijau transparent yang hamper mirip dengan batu akik super giant green fluorite. Batu akik hijau yang halus dan bening ini dipatok seharga sekitar 8 jutaan. Batu akik ini sangat cocok digunakan untuk kalangan menengah.[3]

15. Batu Akik Green Safir
15. Batu Akik Green Safir
Batu akik green safir
Batu akik green safir adalah jenis permata yang memiliki corak motif sama seperti batu akik safir pada umumnya, namun yang membedakannya dilihat dari warna hijaunya yang elegan.  Batu akik ini dijual dengan harga yang sedikit lebih murah lagi sekitar 6 jutaan.

Itulah 15 Daftar Batu Akik Paling Popular dan Fenomenal di tahun ini dan akan terus tenar di masa mendatang. Bahkan, batu akik dikalim akan mampu melengserkan kilauan emas dari perekonomian Negara, sehingga batu akik akan menduduki posisi di atas emas. Hal itu dikarenakan batu akik mampu menyongsor semua kalangan dari tingkat bawah hingga tingkat atas. Selain itu, dari segi harga juga sangat terjangkau ketimbang harga emas. 

Referensi

[1] Indopos. 2014. Ini Dia Batu Cincin Akik Termahal dan Terpopuler di 2014 (Online). Indopos.com. Diakses Pada Tanggal 07 Februari 2015
[2] Batuakik. 2015. Batu Cincin Akik Termahal Dan Populer (Online). Batuakik.com. Diakses Pada Tanggal 07 Februari 2015

[3] Beritaunik. 2012. 7 Batu Akik Paling Mahal Di Indonesia (Online). Beritaunik.blogspot.com. Diakses Pada Tanggal 07 Februari 2015

Posted by Wasiwa
Wasiwa Updated at: February 08, 2015

0 komentar:

Post a Comment