Struktur dan Fungsi Komponen Organel Sel Hewan


Apa itu sel hewan?, pernah dengar tentang sel ini bukan, tentu saja sangat sering kalian mendengarnya. Definisi dari sel itu sendiri merupakan unit terkecil yang menyusun suatu mahluk hidup. Lalu sel hewan apa? Sel hewan adalah unit terkecil yang menyusun mahluk hidup khususnya hewan itu sendiri. Apakah sel hewan memiliki struktur-struktur seperti sel yang lainnya juga?, tentu saja sel hewan juga memiliki komponen-komponen sel atau organel-organel sel. Seperti apakah bagiannya?, mari kita simak dibawah ini.

Struktur dan Fungsi Komponen Organel Sel Hewan
1. Membran plasma: apa itu membran plasma?, pernahkah kalian mendengar sebelumnya?, pasti kalian sering mendengar akan tetapi sulit untuk memaparkannya. Membrane pasma merupakan zat yang bersifat semipermiabel (zat-zat tertentu saja yang dapat melewati membrane plasma), yang hidup, dan ukurannya yang sangat tipis. Sedangkan komposisi kimia membran plasma terdiri dari lapisan luar dan dalam yang berupa molekul protein, sedangkan pada bagian tengah terdapat molekul lemak.

Lalu apakah membran plasma memiliki fungsi sesuai dengan perannya?, nahh.. berikut ini adalah beberapa fungsi dari membrane plasma itu sendiri, antara lain sebagai berikut:
  • Membran plasma berfungsi untuk mengontrol pertukaran zat antara isi sel dengan lingkungan sekitarnya.
  • Membran plasma berfungsi sebagai pelindung isi sel itu sendiri.
  • Membran plasma berfungsi dalam mengatur keluar masuknya molekul-molekul yang ada dalam sel itu sendiri.
  • Membran plasma berfungsi sebagai reseptor (penerima) rangsangan dari luar sel, sehingga membantu mempercepat proses rangsangan.
2. Retikulum Endoplasma: merupakan Struktur dan Fungsi Komponen Organel Sel Hewan yang kedua. Lalu apakah itu reticulum endoplasma? reticulum endoplasma adalah membran lipoprotein dan sitoplasma yang terletak antara membrane inti dengan membrane sitoplasma. keberadaan sistem endomembran ini, maka terbentuklah lumen yang menyerupai terowongan yang menghubungkan nucleus dengan bagian luar sel atau semacam pipa penghubung antara keduanya.

Dibagai menjadi berapah reticulum endoplasma?, tentu udah banyak yang tidak asing lagi dengan RE yang satu ini. Reticulum endoplasma itu dibagi menjadi dua macam, apa saja? Yaitu RE kasar atau granuler dan RE halus. Apa itu RE kasar dan RE halus?, simak penjelasannya dibawah ini.
  • RE kasar atau RE granuler adalah RE yang bila pada permukaan membrane RE ini ditempeli ribosom sehingga tampak berbintil-bintil atau kutil-kutil. RE juga kasar merupakan penampung protein yang dihasilkan oleh ribosom itu sendiri. Protein yang dihasilkan masuk kedalam rongga RE itu sendiri.
  • RE halus merupakan RE bila pada membrane RE ini tidak ditempeli ribosom sehingga tampak halus atau agak licin. Pada sel-sel kelenjarnya mengandung lebih banyak RE dibandingkan sel-sel bukan kelenjarnya.

Bagaimanakah fungsi kedua RE itu?, secara umum, fungsi dari RE diantaranya sebagai alat transportasi zat-zat yang diperlukan inti sel dari luar inti sel sehingga mempermudah kinerja sel itu sendiri.

3.Badan Golgi: apakah itu badan golgi? Nahh.. nama ilmiah biologi ini juga sering bermunculan namun banyak diantara kita yang belum bisa mengingatnya kembali, untuk itu perlu kita bahas disini. Badan golgi ini berbentuk tumpukan kantong-kantong pipih yang sangat komplek dan pada bagian dalam kantong-kantong tersebut terdapat ruang-ruang yang kecil atau disebut sebagai vakuola. Sedangkan Membran pada badan golgi terbentuk dari lipoprotein. Badan golgi ini banyak terdapat pada sel-sel kelenjar seperti kelenjar ludah, kelenjar hati, kelenjar pancreas, dan juga pada hormone.

Apakah badan golgi juga memiliki fungsi?, nahh.. fungsi badan golgi itu sendiri antara lain sebagai berikut:
  • Badan golgi berfungsi sebagai organ sekresi, karena mengeluarkan zat yang masih dibutuhkan oleh sel yaitu berupa sekret dalam bentuk butiran getah pada sel hewan.
  • Badan golgi berfungsi membentuk enzim yang belum aktif (zimogent/proenzym) pada sel hewan
  • Badan golgi berfungsi membentuk glikoprotein (musin/mucus/lendir) pada sel hewan.
Cukup sampai disini dulu artikel tentang Struktur dan Fungsi Komponen Organel Sel Hewan, semoga bermanfaat bagi anda. Jangan lupa jika ada yang kurang tepat atau ingin dipertanyakan, silahkan cantumkan saja melalui komentar. Terimakasih...


Posted by Wasiwa
Wasiwa Updated at: January 09, 2015

0 komentar:

Post a Comment