Ular Bisa Terbang? Bagaimana Caranya

Ular Bisa Terbang? Bagaimana Caranya

Bagimana ular bisa terbang?, padahal mereka tidak memiliki sayap seperti halnya seekor burung. Reptil yang berbeda ini dapat terbang sendiri dari pohon ke pohon dan dengan elegan terbang di udara. Ular jenis ini banyak ditemui di hujan hujan tropis di Asia Tenggara.

Apakah ular menggunakan kulitnya untuk dilebarkan supaya bisa terbang?, tentu saja tidak. Hewan ini menggunakan kecepa tan gerakan sehingga mampu menjadikan udara sebagai landasan seperti halnya berada didalam tanah.

Banyak Para Ahl iyang  mengatakan ular jenis ini mengubah bentuk tubuh mereka secara radikal untuk menghasilkan kekuatan aerodinamis yang dibutuhkan untuk terbang. Penemuan para ahli ini dipublikasikan dalam Journal of Experimental Biology.

Profesor Jake Socha, dari Virginia Tech di AS yang melakukan penelitian ini mengatakan, "Ular itu jelas merupakan penerbang yang tidak memiliki intuisi. Ketika Anda melihatnya, Anda akan mengatakan, benda itu seharusnya tak dapat terbang. Dan dalam bentuk tubuh yang normal itu mungkin saja benar.
Tetapi jika menyentuh udara, ketika terbang dan meloncat dan melompat dari cabang pohon, tubuhnya mengalami transformasi."

Ada lima spesies Ular Terbang, yang semuanya dari jenis Chrysopelea. Para peneliti kini yakin mereka memahami bagaimana ular jenis ini dapat terbang di hutan dibandingkan merayap di tanah. Prof Socha mengatakan, "Ketika ular loncat, posisinya mendatar dari kepala bagian belakang ke ekor. Apa yang dilakukannya adalah memutar tulang rusuknya ke atas kepala dan kemudian memutarnya. Dan jika semakin lebar, maka akan menambah kekuatan, dan menampilkan bentuk tubuh yang unik."

Para ahli juga mengatakan ular ini memproduksi sebuah kekuatan aerodinamis yang sebanding dengan yang dibuat oleh sayap pesawat kecil. "Ular menggerakkan kepala dari satu bagian ke bagian lainnya, dan hewan itu tampak seperti berenang di udara," kata Prof Socha.

Tim Peneliti mengatakan ular dapat memberikan inpirasi untuk pengembangan robotik, memiliki potensi dalam pembuatan mesin yang dapat merangkak, memanjat, dan meluncur.

Ular Terbang

Mekanisme ular ini beroperasi sebagai berikut: Untuk mempersiapkan untuk lepas landas, ular terbang akan meluncur ke ujung bentuk cabang dan ayunan "J". Lalu ia mendorong dari cabang dengan bagian bawah tubuh Anda, dan cepat, menggeliat mendapatkan dalam bentuk "S". Pada titik ini, ular mendatar, menjadi hampir dua kali lebar normal. Ketika jatuh bebas, mereka dalam bentuk "C", struktur ini membantu ular untuk menjebak udara. Dengan gerakan gelombang ke depan dan belakang, ular benar-benar dapat membuat kurva di udara. Sebuah fakta yang aneh tentang ular terbang: mereka secara teknis lebih baik daripada glider terbang tupai, paling dikenal glider mamalia.

Para ilmuwan tidak tahu persis mengapa ular terbang, tetapi mereka cenderung menggunakan stunts mereka untuk menghindari predator, untuk berpindah dari satu pohon ke pohon lainnya tanpa harus turun ke lantai hutan, dan bahkan mungkin untuk mengejutkan mangsanya .

Posted by Wasiwa
Wasiwa Updated at: January 07, 2015